google Pengertian Sistem ekonomi menurut Dumairy (1996) | Kumpulan sistem ekonomi indonesia

Pengertian Sistem ekonomi menurut Dumairy (1996)

Ditulis oleh: -
Pengertian sistem ekonomi telah banyak di jabarkan oleh para ahli diantaranya pengertian sistem ekonomi menurut Dumairy, beliau menyebutkan Sebuah Sistem Ekonomi terdiri atas unsur-unsur manusia sebagai subyek untuk lebih lebih jelasnya silahkan simak  

Menurut Dumairy (1996), Sistem Ekonomi adalah suatu sistem yang mengatur serta menjalin hubungan ekonomi antar manusia dengan seperangkat kelembagaan dalam suatu tatanan kehidupan. Sebuah Sistem Ekonomi terdiri atas unsur-unsur manusia sebagai subyek; barang-barang ekonomi sebagai obyek; serta seperangkat kelembagaan yang mengatur dan menjalinnya dalam kegiatan berekonomi. 
Perangkat kelembagaan dimaksud meliputi lembaga-lembaga ekonomi (formal maupun non formal); cara kerja; mekanisme hubungan; hukum dan peratuan-peraturan perekonomian; serta kaidah dan norma-norma lain (tertulis maupun tidak tertulis); yang dipilih atau diterima atau ditetapkan oleh masyarakat di tempat tatanan kehidupan yang bersangkutan berlangsung. Jadi, dalam perangkat kelembagaan ini termasuk juga kebiasaan, perilaku dan etika masyarakat; sebagaimana mereka terapkan dalam berbagai aktivitas yang berkenaan dengan pemanfaatan sumber daya bagi pemenuhan kebutuhan.

Nah itu penjelasan tentang pengertian sistem ekonomi meurut Dumairy 

1 comments :